Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) Pati menjadi menyelenggarakan Workshop Kurikulum Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Tahun 2024 yang dilaksanakan di auditorium kampus, (12-13 Agustus 2024). Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Dimyati M.Ag, Dekan Fakultas Syariah, serta seluruh dosen lama dan dosen baru di fakultas. Workshop ini bertujuan untuk memperbarui dan meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan di fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IPMAFA.
Selama dua hari acara, peserta mengikuti beberapa kegiatan penting. Pertama, workshop kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) yang dirancang untuk memastikan kurikulum yang diterapkan dapat menghasilkan hasil pendidikan yang sesuai dengan standar yang diharapkan. Kedua, dilakukan review mendalam terhadap kurikulum Program Studi, termasuk Program Studi Perbankan Syariah (PS), Zakat dan Wakaf (ZAWA), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Keluarga Islam (HKI), serta Akuntansi Keuangan Syariah (AKS).
Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Dr. Umdatul Baroroh, MA, dalam sambutannya, menyampaikan beberapa poin penting. Beliau pertama-tama memberikan apresiasi tinggi atas pelaksanaan workshop ini, menilai kegiatan ini sebagai langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di fakultas. Selain itu, Dr. Umdatul Baroroh, MA, mengajak peserta untuk merenungi nilai-nilai dasar shalih NDSA, dengan harapan nilai-nilai ini dapat diterapkan dalam setiap aspek pendidikan.
Beliau juga menekankan pentingnya adanya Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk memastikan bahwa hasil workshop dapat diimplementasikan secara berkelanjutan dalam proses pendidikan. Sebagai penutup, Dr. Umdatul Baroroh, MA, menyebutkan perlunya evaluasi hasil workshop yang akan dilakukan kemudian, untuk memastikan bahwa hasil tersebut dapat digunakan untuk keperluan akreditasi dan pengembangan akademik lebih lanjut.
Dengan berlangsungnya workshop ini, diharapkan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IPMAFA Pati dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi kurikulumnya dalam menghadapi tantangan dan perkembangan di dunia pendidikan tinggi.